Tips Mengatasi Jamur Dan Gatal Di Daerah Selangkangan

Gatal di selangkangan sering atau minimal pasti pernah dialami setiap orang. Gatal itu dapat berlangsung sementara  dan dapat juga berlangsung cukup lama. Sebagian orang tidak dapat mengendalikan keinginan untuk menggaruk, sehingga menyebabkan perih dan membekas. Apakah penyebab gatal itu dan bagaimana cara mencegahnya?
 
Penyakit ini adalah infeksi jamur kulit. Penyakit kategori ringan ini muncul karena kulit terinfeksi jamur yang berasal dari bermacam- macam sumber seperti bulu binatang ( kucing, anjing, ayam, burung, bebek, kelinci ) atau dari tanah. Jamur itu menempel, masuk ke dalam kulit. Jamur mudah masuk kalau kulit luka karena garukan. Jamur ini mudah berkembang biak, terutama di daerah kulit yang lembab. Kulit sering basah karena keringat. Bisa juga karena bahan pakaian yang dipakai tidak menyerap keringat.
Penyakit ini dapat menjalar ke seluruh tubuh jika daya tahan tubuh lemah. Bila daya tahan tubuh normal, maka hanya akan terjadi di daerah lembab saja.
Penyakit ini juga bisa menular tetapi tidak ke semua orang. Orang-orang tertentu yang memang rendah daya tahan tubuhnya terhadap jamur kulit akan gampang tertular penyakit ini.
Untuk penyembuhannya pergilah ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau ke dokter umum. Dokter akan memberikan obat anti jamur kulit. Obat bisa diminum dan dioleskan. Penyakit jamur kulit ini bisa sembuh total, karena ini merupakan penyakit dari luar tubuh yang bisa dimatikan.
Penyakit ini menyebabkan kehitaman pada selangkangan. Namun jangan kawatir karena ini bisa dihilangkan walaupun agak lama, bisa hingga satu tahun.
Hal-hal yang harus dilakukan agar penyakit tidak berlanjut dan kambuh :

  1.  Berobat ke dokter. Obat dari dokter harus dipakai sesuai dengan aturan pakainya.
  2. Pakaian saat dicuci harus dipisahkan dan juga harus menggunakan antiseptic lalu dicuci.
  3. Jaga daerah lipatan paha dan bokong agar selalu kering.
  4.  Pakailah pakaian yang mampu menyerap keringat. Menjaga daya tahan tubuh agar selalu     kuat dengan cara selalu makan makanan yang bergizi, olah raga teratur, istirahat yang cukup, hindari    stress emosi dan fisik.

Cara menghilangkan gatal di selangkangan secara alami :

  1.  Bagi yang gatal diselangkangan sudah sampai mengalami luka, obati saja dengan betadine.
  2. Untuk yang baru mengalami gatal-gatal, dapat diobati dengan obat anti jamur atau salep anti  jamur yang dapat dibeli di apotek. Carilah yang mengandung Ketonazole, Mizonazole, Fungasol.
Cara mencegah gatal-gatal di selangkangan :

  1. Jaga kebersihan badan, agar jamur tidak menyerang kulit.
  2.   Rajin mengganti celana dalam.
  3.   Bila kebetulan tinggal dekat laut, berendamlah di laut karena air garam salah satu manfaatnya adalah mematikan kuman.
Cara menghilangkan bekas luka gatal di selangkangan : 

  1. Pakai jagung muda. Jagung muda diparut lalu di oleskan pada bagian berbekas.
  2. Oleskan madu dua kali sehari.

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya