Tips Memperlancar Haid Secara Alami

Haid atau menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita yang terjadi secara periodik, pada umumnya terjadi setiap bulan. Setiap wanita yang sehat dan sedang tidak hamil pasti mengalami menstruasi. Pertama kali wanita mengalami haid yaitu pada masa pubertas. Dimulainya masa pubertas pada setiap wanita berbeda yaitu  pada usia antara 10 – 16 tahun. Umumnya wanita mengalami masa haid antara 2 – 8 hari dalam setiap bulannya. Tidak jarang pada saat haid wanita sering mendapat gangguan atau keluhan seperti: haid terasa sakit, haid tidak teratur atau tidak lancar, haid datang terlambat, darah haid terlalu banyak, waktu haid terlalu lama. Pada artikel kali ini saya hanya membahas bagaimana cara memperlancar haid.




Adakalanya kita sebagai wanita pernah mengalami siklus haid yang tidak lancar atau tidak teratur, terlebih lagi pada usia remaja. Haid yang tidak lancar akan menyebabkan nyeri di perut. Selain itu siklus haid yang tidak lancar akan menyebabkan kulit kita menjadi kering dan keriput, perut akan kelihatan membesar, serta lebih mudah terserang penyakit.

Sebelum kita membahas bagaimana cara memperlancar haid, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu factor penyebab mengapa haid menjadi tidak lancar. Adapun factor penyebab haid tidak lancar adalah:

  1. Berat badan yang berlebih atau kurang dapat menyebabkan terganggunya metabolisme lemak yang dapat mempengaruhi kadar esterogen dalam tubuh.
  2. Kelelahan, kondisi fisik yang kelelahan dapat mengganggu siklus haid.
  3. Stress atau sedang banyak pikiran atau sedang mempunyai banyak masalah. 
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin.
  5. kadar gula yang berlebih di dalam tubuh dapat mempengaruhi ketidaklancaran haid.
  6. Melakukan diet yang tidak baik atau buruk.

Setelah kita mengetahui apa penyebab mengapa haid tidak lancar, disini ada beberapa tips cara memperlancar haid, diantaranya adalah:

  1. Sering mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau.
  2. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, karena akan menhambat proses haid.
  3. Kurangi aktivitas yang melelahkan, jika anda merasa lelah ada baiknya beristirahat sejenak untuk menghindari kelelahan. Jangan terlalu sering mengangkat benda berat.
  4. Konsumsilah produk kedelai
  5. Memperbanyak minum air putih
  6. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis 
  7. Lakukan olahraga ringan secara teratur 
  8. Hindari makanan pedas dan makanan cepat saji.
  9. Konsumsi ramuan alami untuk memperlacar haid seperti jamu atau herbal alami.

Tips cara memperlancar haid di atas adalah tips untuk kasus haid yang tidak lancar ringan. Jika keluhan tersebut berlangsung secara terus-menerus dan jika tips di atas sudah dilakukan tetapi haid masih tidak lancar ada baiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Organ reproduksi kita sangat rentan akan penyakit, maka jagalah kebersihan organ intim kita dengan baik. Penuhi tubuh kita dengan asupan gizi yang cukup. Usahakan segera konsultasikan ke doketr jika ada keluhan sekecil apapun. Semakin cepat ditangani maka semakin baik.

Artikel Lainnya