Cara Ampuh Mengatasi Hidung Berminyak

Jika kulit Anda termasuk jenis yang berminyak, minyak wajah biasanya sering terlihat di bagian hidung. Tak heran jika bagian hidung terlihat lebih berkilau dibandingkan bagian wajah lainnya.

Bahayanya, hidung yang berminyak akan menyebabkan timbulnya banyak masalah di wajah. Misalnya, timbul komedo, jerawat, dan make-up jadi cepat luntur sehingga dandanan terlihat belang. Kalau sudah begini, bisa-bisa Anda jadi tak percaya diri sepanjang hari. Ada nggak sih cara mengatasinya?

1. Jaga kebersihan
Sebagian besar kelenjar minyak berada di daerah T zone, yaitu dahi dan hidung. Akibatnya daerah ini menjadi bagian yang paling "menderita". Salah satu cara untuk meringankan masalah di area ini adalah dengan tetap menjaga kebersihannya setiap saat.

Namun yang paling harus diperhatikan adalah kebersihan pori-pori hidung. Pori-pori hidung adalah wadah sempurna untuk penumpukan minyak dan kotoran. Jika tak dibersihkan dengan benar, kotoran dan minyak akan bereaksi dengan bakteri dan menimbulkan jerawat.

2. Bersihkan dengan air
Cuci wajah dengan air biasa (bukan air dingin atau hangat) untuk mempertahankan kelembaban di kulit. Air biasa juga akan membantu membersihkan kotoran dan minyak berlebih di wajah. Tak masalah jika ingin menggunakan produk pembersih muka lainnya, namun pastikan Anda tak melakukannya lebih dari dua kali sehari. Mencuci muka dengan air adalah cara paling baik untuk menjaga kulit lentur dan lembab.

3. Jus lemon
Lemon memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah mengurangi kadar minyak di wajah dan membersihkan wajah. Caranya, ambil cotton bud atau kapas kemudian beri beberapa tetes jus lemon ke atasnya. Oleskan ke hidung, dan lakukan 2-3 kali sehari.

4. Scrub wajah

Madu dan almond adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang berminyak. Gunakan bahan ini sebagai scrub wajah homemade. Ambil beberapa sendok madu dan almond yang sudah dihancurkan kasar. Kemudian gunakan sebagai scrub wajah, terutama di bagian hidung.

Jika tak punya waktu untuk membuat sendiri scrub-nya, Anda juga bisa menggunakan scrub wajah yang dibeli di pasaran. Kemudian oleskan scrub ke wajah terutama di bagian hidung, kemudian bilas. Lakukan proses ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang sempurna.

5. Cuka
Cuka tidak hanya menguragi minyak di wajah, tapi juga menghalangi kotoran masuk ke dalam kulit, sehingga mencegah timbulnya komedo dan jerawat. Campur cuka dengan air, kemudian celupkan kapas atau cotton bud ke dalamnya. Oleskan ke hidung, dan diamkan 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air dingin.

Source : http://female.kompas.com/read/2013/05/04/14370031/5.Cara.Atasi.Hidung.Berminyak

Artikel Lainnya